Pembukaan Pra Rakor Pengembangan Sumber Daya Manusia Se-Sumatera Selatan Tahun 2023

     Pra Rakor Pengembangan Sumber Daya Manusia Se-Sumatera Selatan Tahun 2023 telah resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Ir. S.A. Supriono di Aula Putri Kembang Dadar BPSDMD Prov. Sumsel. Selasa (29/08/2023). Dalam sambutannya, Ir. S.A. Supriono menjelaskan Pelaksanaan rapat ini selain untuk percepatan penataan tata kelola SDM juga sebagai upaya persamaan persepsi dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan (Diklat) Aparatur Sipil Negara (ASN) se-Sumatera Selatan dalam rangka merumuskan agenda dan rencana kegiatan kediklatan baik di lingkungan Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah kabupaten/kota.

     Rakor ini sebagai langkah untuk menuju sinergitas pengembangan kompetensi ASN terintegrasi melalui Coorporate University guna mewujudkan “Sumsel Maju untuk Semua” menuju ASN Sumsel Berkelas Dunia. Tata kelola SDM yang baik memerlukan sumber daya manusia yang kompeten dan profesional serta tersertifikasi. Untuk mendukung hal tersebut diperlukan Diklat yang dapat memenuhi kebutuhan ASN untuk menuju ASN Berkelas Dunia sesuai harapan Pemerintah. Pembenahan terhadap Lembaga Penyelenggara Diklat harus dilakukan menyeluruh mulai dari penyelarasan kurikulum, penyediaan sarana prasarana hingga akreditasi dan sertifikasi kompetensi alumni. Dengan demikian perlu adanya perubahan paradigma yang selama ini berorientasi suplai (supply driven) menjadi berorientasi kebutuhan pasar kerja (demand driven) sehingga dapat berkontribusi dalam kemajuan bangsa.

     Sementara itu, dalam laporan Kepala BPSDMD Prov. Sumsel, Prof. Dr. H.M. Edwar Juliartha, S.Sos, MM., menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya pra rapat kordinasi adalah Meningkatkan kualitas perencanaan program/kegiatan Pengembangan SDM di Provinsi Sumatera Selatan, Meningkatan Koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kegiatan BPSDMD Prov. Sumsel dan Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan, Percepatan Pelaksanaan Perbaikan Tata Kelola BPSDMD Provinsi Sumsel. Beliau juga menambahkan bahwa Pra Rakor ini juga sesuai dengan arahan Kepala Lembaga Administrasi Negara untuk duduk bersama dengan Kepala BKPSDM Kab/Kota guna percepatan penataaan Pengelolaan Pengembangan SDM di Provinsi Sumatera Selatan. Rapat Koordinasi ini juga sebagai langkah awal untuk melakukan identifikasi kebutuhan pengembangan kompetensi ASN se-Sumatera Selatan. Rakor ini sebagai pra (pendahulu) rapat koordinasi yang akan dilaksanakan minggu depan.

     Peserta rapat kordinasi Pengembangan SDM Peserta rapat koordinasi Pengembangan SDM Aparatur Se-Sumatera Selatan adalah BKD Prov. Sumsel, BPKAD Prov. Sumsel, Bappeda Prov. Sumsel, Inspektorat Provinsi Sumsel dan Seluruh BKPSDM se-Sumatera selatan, dengan jumlah peserta sebanyak 54 orang yang berasal dari Kota Lubuk Linggau 2 Orang, Kota Prabumulih 4 Orang, Kota Pagaralam 4 Orang, Kota Palembang 3 Orang, Kabupaten Lahat 3 Orang, Kabupaten PALI 2 Orang, Kabupaten Ogan Ilir 3 Orang, Kabupaten Musi Banyuasin 4 Orang, Kabupaten MusiRawas 3 Orang, Kabupaten OKI 3 Orang Oku Timur 2 Orang, Kabupaten OKU 3 Orang, Kabupaten OKU Selatan 2 Orang, Kabupaten Banyuasin 2 Orang, Kabupaten Empat Lawang 2 Orang, BKD Prov. Sumsel 2 Orang, BPKAD Prov. Sumsel 1 Orang, Inspektorat prov. Sumsel 1 Orang, Bappeda Prov Sumsel 2 Orang.

Pembukaan ToT(Training of Trainers) Orientasi...

Kegiatan ToT(Training of Trainers) Orientasi DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Sumatera Selatan Tahun 2024, resmi dibuka secara langsung oleh Asis...

Musyawarah Provinsi Luar Biasa (Musprovlub) P...

Musyawarah Provinsi Luar Biasa (Musprovlub) Pengurus Akuatik Provinsi Sumatera Selatan yang dibuka secara langsung oleh Sekjen PB Akuatik Indonesia re...