Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XXII Tahun 2019

Gubernur Sumatera Selatan yang di wakili Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, H. Nasrun Umar, membuka Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II Angkatan XXII Tahun 2019 di Griya Agung Palembang,Kamis(25/07).

Pada Sambutanya, H. Nasrun Umar mengatakan penyelenggaraan pelatihan ini mempunyai nilai strategis dalam rangka penguatan penyelenggaraan pemerintahan, baik di tingkat pusat maupun daerah. Penguatan tersebut perlu dilakukan melalui pengembangan kompetensi penyelenggaraan pemerintahan, khususnya pada peserta Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II ini. Sekiranya kondisi seperti ini dapat terpenuhi, maka akselerasi penyelenggaraan pemerintahan daerah dapat berjalan dengan baik dan pada akhirnya kesejahteraan masyarakat sebagaimana kita cita-citakan dapat segera terwujud.

Pada sisi lain, penyelenggara pelatihan ini didesain dengan kebutuhan dan terobosan-terobosan harus dikembangkan seperti pemanfaatan e-learning dan blended learning tantangan yang dihadapi bangsa saat ini adalah tantangan Global Megatrends. Global Megatrends dicirikan dengan terjadinya Globalisasi 2.0, krisis energi dan lingkungan, isu tentag demographic change, digital era technologi converge, individualism and pluralism, untuk itu kita dituntut terus menerus agar meningkatkan kapasitas dan kompetensi sebagai Aparatur Pemerintahan sehingga terwujud pemerintahan yang lebih gesit atau yang disebut agile processes.

Nasrun Umar, juga menyampaikan bahwa pemerintahan Provinsi Sumatera Selatan dalam tahun 2019-2023 mempunyai visi Sumatera Selatan “Maju untuk semua” dan sesuai dengan misi ke-2 meningkatakn SDM baik laki-laki maupun perempuan yang sehat, berpendidikan profesional dan menjunjung tinggi nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, kejujuran dan integritas. Disisi lain, penyelenggara pelatihan ini juga diharapkan dapat menimbulkan dampak terhadap penguatan integritas bangsa melalui internalisasi nilai-nilai perjuangan, kebangsaan dan patriotisme antar peserta pelatihan.

Sementara itu Plt. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sumatera Selatan, H. Tarbiyah, S.Pd., MM, dalam laporannya bahwa Pada penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XXII yang berlangsung dari tanggal 25 Juli 2019 s.d 16 November 2019 dan diikut sebanyak 58 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Sumatera Selatan dan diluar Provinsi Sumsel diantaranya Provinsi Sumsel, BPOM Palembang, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Empatlawang, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Muratara, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kab OKUT, Kab OKUS, Kab OKU, Penukal Abab Lematang Ilir, Muaraenim, Lubuklinggau, Prabumulih, Kota Jambi (Jambi), Kota Tanjung Pinang (Kepulauan Riau), Tebingtinggi (Sumatera Utara), Kabupaten Lampung Timur (Lampung) dan Kabupaten Rejang Lebong (Bengkulu).

Sedangkan Di tempat yang sama Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI yang diwakili Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi, Dr Basseng, M.Ed dalam sambutannya bahwa Penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tk II Angkatan XXII merupakan Pelatihan pembaharuan, dimana pembelajaran tidak hanya dilakukan di kampus (on campus) tapi juga kegiatan di instansi masing-masing (off campus). Dr. Basseng, M.Ed juga mengatakan di dalam Kurikulum Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tk. II berubah sejak tahun 2019. Terdapat 4 Agenda. Agenda terakhir yaitu Agenda Aktualisasi Kepemimpinan merupakan muara dari Agenda 1, 2, 3. Kurikulum ini diarahkan untuk menghasilkan sosok pemimpin perubahan strategis.

Pada acara pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XXII yang dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, H. Nasrun Umar, di dampingi oleh Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI yang diwakili Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi, Dr Basseng, M. Ed. Dan Plt. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Hj. Tarbiyah, S.Pd., MM, serta hadir juga bupati/walikota se-Sumsel atau yang mewakili, para Kepala OPD se-Sumsel, pejabat struktural BPSDMD Sumsel, widyaiswara LAN RI dan Widyaiswara BPSDMD Sumsel, serta seluruh peserta dan para undangan.

Audiensi dengan PJ. Bupati Musi Banyuasin Per...

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Prof.Dr.H. Edwar Juliartha, S.Sos., M.M telah melaksanakan kunjungan k...

Rapat Koordinasi Pj. Gubernur Sumsel Dengan P...

Pelaksanaan Rapat Koordinasi PJ. Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Bapak Dr.Drs.H.A. Fatoni, M.Si dengan Pejabat Pimpinan Tinggi dan Pejabat Administ...