Pembukaan Diklat Calon Kepala Sekolah Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2021

Pembukaan Diklat Calon Kepala Sekolah SD/SMP Kabupaten Banyuasin dan Kota Pagaralam Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2021 di lingkungan Provinsi Sumatera Selatan telah resmi dibuka oleh Kepala BPSDMD Prov. Sumsel dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris BPSDMD Prov. Sumsel, Drs. H. Hamdi Darmawan, M.Si di Aula Putri Kembang Dadar BPSDMD Prov. Sumsel. Senin (22/3). Dalam sambutannya, Drs. H. Hamdi Darmawan, M.Si menjelaskan bahwa sebagaimana diketahui Kepala Sekolah adalah tokoh sentral dalam peningkatan mutu dan daya saing pendidikan, peran Kepala Sekolah sangatlah strategis dalam mewujudkan sekolah yang mampu membentuk insani yang cerdas, berkompeten dan berkepribadian yang mulia. Oleh sebab itu solusi terbaik untuk meningkatkan mutu pendidikan salah satunya dilakukan sertifikasi kompetensi Kepala Sekolah melalui program penyiapan Calon Kepala Sekolah berupa pendidikan dan pelatihan bagi Calon Kepala Sekolah.

Hal ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 tahun 2018, telah mengamanatkan bahwa bagi guru untuk di angkat sebagai Kepala Sekolah dipersyaratkan agar memiliki Sertifikat/NUKS dari LPPKS (Lembaga Pemberdayaan dan Pengembangan Kepala Sekolah). Kepala Sekolah sebagai legalitas kompetensi Kepala Sekolah dalam membina dan mengembangkan lembaga pendidikan yang dipimpinnya. Tentunya untuk memperoleh Sertifikat Kepala Sekolah tersebut, Saudara – saudara harus melalui beberapa tahapan mulai dari Seleksi Administrasi, Seleksi Akademik dan tahapan Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah.

Dalam kesempatan tersebut, tak lupa Drs. H. Hamdi Darmawan, M.Si berharap penyelenggaraan Diklat Calon Kepala Sekolah SD/SMP Kabupaten Banyuasin dan Kota Pagar Alam seperti ini perlu dilanjutkan dan ditingkatkan selalu untuk memenuhi tuntutan dan harapan kualitas pendidikan di Sumatera Selatan dan penuh harap setelah mengikuti diklat ini, peserta dapat dipromosikan untuk menduduki jabatan Kepala Sekolah di lingkungan Kabupaten / Kota Provinsi Sumatera Selatan.

Sementara itu, dalam laporan Ketua Penyelenggara, Iman Subarno, S.Pd., M.M., menyampaikan bahwa Diklat Calon Kepala Sekolah SD/SMP Kabupaten Banyuasin dan Kota Pagaralam Provinsi Sumatera Selatan akan berlangsung selama kurang lebih 5 hari, yang dimulai pada hari Senin tanggal 22 Maret 2021 sampai dengan tanggal 27 Maret 2021 dengan jumlah peserta sebanyak 102 orang. Metode pembelajaran dalam Diklat Calon Kepala SMA/SMK ini adalah kuliah/ceramah umum dengan tanya jawab, diskusi kelompok, latihan (exercise), study kasus, curah pendapat (brainstorming), simulasi, dan bermain peran (role playing). Adapun tenaga pengajar yang berpartisipasi dalam pendidikan dan pelatihan ini adalah Widyaiswara dan Pengawas Sekolah yang telah mengikuti Training khusus, Diklat Calon Kepala Sekolah yang bersertifkat Nasional, baik dari lingkungan pemerintah Prov. Sumsel maupun dari Direktorat Jendral GTK, LPPKS Solo,  serta Pejabat Struktural dari Dinas Pendidikan Prov. Sumsel dan BPSDMD Prov. Sumsel.

Pembukaan Pelatihan Analisis Kebutuhan Pengem...

Pelatihan Analisis Kebutuhan Pengembangan Kompetensi di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tahun 2021 resmi dibuka oleh Kepala Badan Peng...

Pembukaan Latsar CPNS Golongan II Angkatan I ...

Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan II Angkatan I & II dan Golongan III Angkatan V, VI & VII dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Sela...