Pembukaan Diklat Peningkatan Kompetensi Kepala Tenaga Administrasi Sekolah Provinsi Sumatera Selatan

Diklat Peningkatan Kompetensi Kepala Tenaga Administrasi Sekolah Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2021 di lingkungan Provinsi Sumatera Selatan telah resmi dibuka oleh Kepala BPSDMD Prov. Sumsel, Hj. Tarbiyah, S.Pd., M.M di Aula Putri Kembang Dadar BPSDMD Prov. Sumsel. Senin (5/4). Dalam sambutannya, Hj. Tarbiyah, S.Pd., M.M menjelaskan bahwa kompetensi Kepala Tenaga Administrasi Sekolah (KTAS) perlu untuk ditingkatkan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah, menyatakan bahwa kompetensi seorang Kepala Tenaga Administrasi Sekolah (KTAS) adalah kompetensi kepribadian, sosial, teknis, dan manajerial. Kepala TAS diwajibkan untuk memiliki kompetensi dalam menata administrasi kepegawaian. Kompetensi tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan menelaah prosedur dan mekanisme kepegawaian, penilaian kinerja staf, dan menelaah program layanan khusus.

Dalam kesempatan tersebut, Hj. Tarbiyah, S.Pd., M.M berharap peserta untuk lebih memahami tugas dan fungsi seorang petugas layanan khusus yang ada di sekolah sehingga dapat mengoordinasi staf dengan baik. Serta berharap kepada peserta untuk selalu menjaga kesehatan, utamakan persaudaraan, selalu mematuhi segala ketentuan dan juga protokol kesehatan yang  telah ditetapkan Panitia Pelaksana selama mengikuti Diklat.

Sementara itu, dalam laporan Ketua Penyelenggara, Iman Subarno, S.Pd., M.M., menyampaikan bahwa Diklat Peningkatan Kompetensi Kepala Tenaga Administrasi Sekolah Provinsi Sumatera Selatan akan berlangsung selama kurang lebih 5 hari, yang dimulai pada hari Senin tanggal 5 April 2021 sampai dengan tanggal 9 April 2021 dengan jumlah peserta sebanyak 120 orang, yang terbagi dalam 3 Angkatan yaitu Angkatan I, II dan III dan setiap Angkatan berjumlah 40 orang yang berasal dari sekolah-sekolah yang ada di Sumatera Selatan. Metode pembelajaran yang digunakan dalam Diklat Peningkatan Kompetensi Kepala Tenaga Administrasi Sekolah ini adalah kuliah/ceramah umum dengan tanya jawab, diskusi kelompok, presentasi, curah pendapat (brainstorming), study kasus, praktik, dan windo shopping. Adapun tenaga pengajar yang berpartisipasi dalam pendidikan dan pelatihan ini adalah Pejabat Struktural dan Widyaiswara dari BPSDMD Prov. Sumsel, Dinas Pendidikan Prov. Sumsel, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sumsel, Inspektorat Prov. Sumsel, Badan Pengelola Keuangan dan Anggaran Daerah (BPKAD) Prov. Sumsel, dan Kejaksaan Tinggi Sumsel.

Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III A...

Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan III Angkatan XI dan XII dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2020 resmi dibuka oleh Kepala B...

Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II An...

Selasa, tanggal 18 Februari 2020 bertempat di Aula Putri Kembang Dadar BPSDMD Prov Sumsel, Acara pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Angkatan...